Cari Artikel

TopOfBlogs

LINK EXCHANGE

Rabu, April 21, 2010
 
Rumah Sakit Adven Taiwan didirikan oleh komunitas kristiani “Seventh Day Adventists (Adven Hari Ketujuh)”. Misinya adalah untuk melaksanakan apa yang telah Tuhan katakan dalam Alkitab (Kejadian 1:29), “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji, yang dapat kamu temui di seluruh permukaan bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah yang akan menjadi makananmu,” yang maksudnya adalah mengikuti diet vegetarian. Rumah sakit ini didirikan pada tahun 1955 dan merupakan rumah sakit vegetarian yang pertama.
Rumah sakit ini telah melayani penduduk Formosa selama 52 tahun. Di samping sebagai rumah sakit dengan kemampuan medis yang sangat tinggi, juga terkenal akan obat pencegahan dan promosi diet vegetarian yang bergizi. Kepala dewan direktur yang sekarang, Bapak Hu, menekankan pentingnya diet yang sehat. Dia adalah orang yang disiplin dalam hal vegetarian dan menganjurkan diet vegetarian penuh untuk seluruh rumah sakit. Makanan masa kini semakin banyak diolah. Beberapa orang bahkan menderita penyakit kronis dari makanan olahan ini. Sejak tahun 1997, Rumah Sakit Adven Taiwan mulai mempromosikan diet vegetarian NEWSTART  yang bergizi, tanpa telur, tanpa susu, tanpa minyak olahan, tanpa gula, tetapi penuh serat. Program gaya hidup NEWSTART ini juga sudah diterapkan di 170 Rumah Sakit Adven di seluruh dunia.
Hasil penelitian Rumah Sakit Adven Amerika membuktikan bahwa NEWSTART adalah diet yang memperpanjang tingkat harapan hidup dan mencegah kanker serta berbagai penyakit lainnya. Tidak mengherankan jika Rumah Sakit Adven Taiwan meraih banyak penghargaan istimewa selama bertahun-tahun dalam rangka penilaian kinerja rumah sakit sehat tahunan di Kota Taipei. Sebagai tambahan, Direktur Federasi Ahli Diet China bersama banyak ahli gizi yang lain telah mengakui hasil positif dari diet kesehatan yang diterapkan oleh Rumah Sakit Adven Taiwan.
Di suatu pagi yang cerah, rekan-rekan praktisi dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai Center Taipei mengunjungi Rumah Sakit Adven Taiwan. Mereka mewawancarai Direktur Departemen Gizi, Qiqing Liu, yang sudah bekerja di rumah sakit ini selama sembilan belas tahun. Dia mengikuti diet NEWSTART dan juga seorang pengikut Kristen yang sangat tulus. Selama wawancara, Direktur Liu menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan telah membuktikan dari sudut pandang perawatan kesehatan atau dari struktur usus manusia bahwa kita harus bervegetarian. Walaupun daging mengandung protein yang tinggi, ia juga mengandung banyak unsur yang membebankan organ tubuh manusia dan tidak baik bagi manusia, terutama orang sakit.
Direktur Liu juga memberi tahu kami bahwa makanan yang kita makan mempunyai dampak yang besar terhadap kesehatan kita. Departemen Gizi hanyalah salah satu departemen di antara banyak departemen di rumah sakit. Departemen ini memiliki jumlah anggota yang terbatas dan bergantung pada koordinasi anggota medis lain untuk melaksanakan misinya. Sebagai contoh, perawat sangat berpengaruh dalam menjelaskan pentingnya diet yang sehat bagi pasien. Ahli diet menuliskan manfaat penting dari diet ini di balik menu makanan dan memperkenalkannya ketika mereka mengunjungi pasien. Tidak hanya pasien saja, semua karyawan rumah sakit juga harus membantu mengembangkan konsep diet yang sehat. Oleh karena itu, dalam orientasi pelatihan karyawan baru, Departemen Gizi memperkenalkan diet ini secara terperinci, termasuk “Delapan Prinsip Sehat”. Rumah sakit menyelenggarakan kelas pelatihan seperti itu tiga kali dalam satu tahun sebagai bagian dari pendidikan profesional.
Poster indah ini untuk menunjukkan diet vegetarian dan konsep yang benar tentang  diets ehat, ditempel di atas dinding Rumah Sakit
Sebagai tambahan terhadap pengembangan budaya vegetarian di rumah sakit, Rumah Sakit Adven Taiwan juga menerapkan program gaya hidup NEWSTART pada waktu-waktu tertentu di Sanyu Health Education Center (Pusat Pendidikan Kesehatan Sanyu) di Kotapraja Yuchi, Wilayah Nantou. Selama 13 hari program ini, dokter-dokter medis memberikan konsultasi kesehatan, dan ahli-ahli diet menjelaskan pengetahuan dasar tentang gizi, serta memeragakan cara menyiapkan makanan secara alami. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan diet vegetarian dan gaya hidup sehat kepada peserta agar mereka dapat meneruskan diet ini ketika mereka kembali ke rumah. Banyak peserta memperlihatkan perbaikan kondisi badan yang jelas setelah 13 hari. Contohnya, seorang peserta yang juga seorang dokter mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl (mg/dl = miligram / 100 mililiter) sebelum mengikuti program ini. (Batas normal adalah kurang dari 200 mg/dl). Setelah 13 hari, kadar kolesterol dia turun kembali ke keadaan normal. Peserta diet yang lain sebelumnya perlu mengonsumsi 13 pil setiap hari untuk mengendalikan tingkat gula dalam darah dan tingkat lemak. Setelah diet yang sehat ini, pengobatannya turun menjadi 3 pil sehari.
Menurut Direktur Liu, banyak orang yang menderita penyakit encok dan kolesterol tinggi mengalami kemajuan setelah mereka menjalankan diet NEWSTART. Sayangnya, banyak orang yang baru menyadari pentingnya menjaga kesehatan setelah mereka menderita sakit berat. Pada akhir kunjungan kami, Direktur Liu menekankan “Sehat itu kaya. Dan jika kita ingin sehat, kita harus mulai membentuk kebiasaan makan yang sehat dan gaya hidup yang baik untuk meningkatkan kualitas dan harapan hidup. Meskipun kesehatan fisik penting, seseorang juga membutuhkan keyakinan rohani untuk menyeimbangkan tubuh fisik dan pikiran. Seseorang harus mempercayai Tuhan. Kepercayaan kepada kuasa Tuhan berhubungan langsung terhadap kesehatan fisik. Kepercayaan dapat menghapus tekanan mental, dsb.”
Setelah wawancara, Direktur Liu membawa kami ke kantin karyawan untuk makan siang. Kantinnya sangat nyaman dan memiliki tata cahaya yang menyenangkan. Bermacam-macam resep vegetarian juga ditempelkan di dinding. Makanan vegetarian sehat yang beraneka ragam membuat orang ingin mencicipinya. Di setiap meja, terdapat satu lembar cetakan “Delapan Prinsip Sehat” yang disediakan oleh Departemen Gizi, yang terdiri dari gizi, olahraga, air, sinar matahari, pantangan minuman keras, udara, istirahat, dan percaya pada kuasa Tuhan. Informasi ini membantu setiap tamu memahami konsep dan prinsip kesehatan sementara mereka menikmati makanan.
Kantin ini tidak hanya untuk karyawan, banyak pengunjung dan pasien juga datang. Masakan sehat ini diterima dengan baik oleh banyak orang. Kantin ini selalu penuh, bahkan kadang persediaan makanan tidak mencukupi. Direktur Liu dengan tersenyum mengatakan bahwa banyak orang yang bekerja di area bisnis terdekat datang ke kantin kami untuk makan atau membeli roti sehat yang hangat. Pada saat itu, seorang wanita yang bekerja di perusahaan yang berdekatan memberitahukan kami bahwa dia bukanlah seorang vegetarian murni, tetapi ia secara teratur datang ke kantin ini, sekarang bahkan nyamuk pun tidak menggigitnya lagi! Ketika dia mengetahui bahwa kami ke sana untuk mewawancarai karyawan rumah sakit dan kelompok kita adalah kelompok yang mempromosikan vegetarian, dia dengan gembira mengatakan bahwa makanan vegetarian sangat baik bagi kesehatan dan patut didukung.
Masakan Sehat yang sangat diminati dan banyak mendapat perhatian dari pelanggan
Selama makan siang, Direktur Liu mengatakan bahwa dia menetap di Amerika Serikat selama tujuh tahun. Pada tahun 1992, Departemen Pertanian Amerika Serikat menerbitkan “Piramida Diet”. Sejak itu, pemerintah terus mempromosikan diet yang sehat di sekolah dasar dan tingkat menengah. Diet sehat perlu diterapkan pada usia muda untuk mencegah penyakit akibat konsumsi yang buruk.
Setelah makan siang, kami meninggalkan rumah sakit. Kami merasa mendapat manfaat yang sangat besar pada hari itu. Kami dengan tulus berharap agar Tuhan dapat memberkati rumah sakit ini karena telah merawat orang-orang dan mendukung diet vegetarian yang sehat. Kami juga berharap agar dalam waktu dekat diet vegetarian yang sehat dapat diadopsi di seluruh sudut dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

BLOG TOOL